Sebagai alternatif pengganti iklan, merchandise promosi digunakan sebagai alat/media untuk promosi.  Dengan perannya sebagai media promosi, merchandise promosi dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat. Terlebih lagi jika merchandise promosi dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Dengan respons yang positif yang didapat dari masyarakat, pebisnis terbersit untuk membuat suatu merchandise yang juga dapat diterima oleh masyarakat tetapi dalam skala yang lebih sedikit.

Itulah cikal bakal merchandise promosi edisi terbatas.

Kriteria dari Merchandise Promosi Edisi Terbatas

Jika sebuah merchandise memiliki nama edisi terbatas dibelakangnya, pasti ada suatu kriteria yang membuatnya layak untuk menyandangnya. Seperti seseorang yang memiliki kriteria tertentu yang nantinya layak dan pantas untuk mengangkatnya sebagai seorang presiden ataupun raja.

Kriteria Merchandise Promosi Edisi Terbatas meliputi:

1. Jumlah Barang

Merchandise promosi edisi terbatas memiliki jumlah barang yang lebih sedikit dibandingkan dengan produk massalnya. Jika produk massalnya sejumlah 1000 unit, maka merchandise promosi edisi terbatas hanya berkisar 100-200 saja atau bisa kurang dari itu.

2. Waktu Produksi

Waktu pembuatan merchandise promosi edisi terbatas juga berbeda dari produk massal. Jika produk massal bisa diciptakan kapan saja, hal ini tidak berlaku pada merchandie promosi edisi terbatas.

Merchandise promosi edisi terbatas diciptakan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. jadi tidak sembarangan waktu dipilih kemudian memproduksinya.

3. Tampilan Merchandise

Tampilan barang bisa jauh berbeda ataupun sedikit dari produk massalnya. Perbedaan sedikit sudah cukup untuk membuatnya menjadi merchandise promosi edisi terbatas.

4. Harga

Merchandise promosi produk massal cenderung dibagikan secara gratis kepada konsumen, sedangkan merchandise promosi edisi terbatas rata-rata didapatkan dengan cara membayar.

Harga yang dibanderol merchandise promosi edisi terbatas lebih mahal dibandingkan dengan produk massalnya. Kenaikan harga bisa 2-3x lipat dari harga merchandise produk massal.

Kesimpulan

Dari kriteria merchandise promosi edisi terbatas di atas, kita dapat melihat ada beberapa hal yang tak ditemukan pada merchandise produk massal. Kriteria merchandise promosi edisi terbatas diatas juga bisa dijadikan acuan apabila pebisnis ingin menggunakan merchandise edisi terbatas sebagai media promosi miliknya.

Pemenang Site of the MONTH Indonesian Website Awards