Setiap barang yang dimiliki tentunya harus dijaga dan dirawat dengan baik. Tujuannya yaitu agar benda tersebut memiliki umur yang panjang alias tidak cepat rusak. Begitu juga benda-benda elektronik. Salah satunya yaitu flashdisk.

Flashdisk merupakan benda yang rentan terhadap kerusakan. Jika sebuah flashdisk yang memiliki satu fungsi saja rentan rusak, apalagi flashdisk yang memiliki multifungsi seperti flashdisk pena. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara merawat flashdisk pena yang baik itu seperti apa.

Cara merawat flashdisk pena yang baik

1. Taruhlah di tempat yang aman

Flashdisk pena terbuat dari bahan metal. pemilihan bahan ini dimungkinkan agar apabila flashdisk pena terjatuh maka takkan gampang rusak. Meskipun terbuat dari bahan metal yang tahan rusak apabila terjatuh, bukan berarti kita bisa menaruh flashdisk pena secara sembarangan.

Taruhlah di tempat yang aman dan tidak mudah jatuh.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko rusak yang masih bisa terjadi pada flashdisk pena sekalipun terbuat dari metal.

Tidak ada salahnya untuk berhati-hati untuk sesuatu yang tak diinginkan.

2. Pemakaian Flashdisk pena yang baik dan benar

Meski bentuknya pena dan bisa digunakan untuk menulis, fungsi utama dari flashdisk yaitu sebagai media penyimpan data masih ada. Pemakaian flashdisk pena yang baik dan benar itu perlu. agar data-data yang didalamnya tetap utuh dan tetap bisa terbaca selain itu agar flashdisk pena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Seperti cabutlah flashdisk pena pada perangkat elektronik jika sudah tak dipakai lagi. Pencabutan ini juga harus dilakukan dengan baik dan benar. jangan langsung mencabut flashdisk dari perangkat elektronik begitu saja tanpa melalui proses eject device atau safely remove device.

Apabila tidak melalui proses pencabutan yang benar, flashdisk bisa mengalami kerusakan dan juga bisa terkena infeksi virus. Dengan begitu umur flashdisk pun menjadi semakin pendek.

3. Taruhlah di tempat yang mudah diingat

sumber: AliExpress

Seringkali kita sebagai manusia suka lupa terhadap sesuatu, salah satunya yaitu menaruh flashdisk di sembarang tempat. Pada saat kita membutuhkan flashdisk tersebut kita akan dibuat kebingungan. akibatnya kita akan kehilangan flashdisk akibat kecerobohan kita sendiri.

Meski flashdisk pena memiliki ukuran sedikit lebih besar dari flashdisk biasa, bukan berarti flashdisk pena tak luput dari kehilangan akibat kecerobohan kita.

Untuk itulah penting kiranya menaruh flashdisk pena di tempat yang mudah diingat dan ditemukan. Seperti halnya menaruh flashdisk pena di dalam sebuah lemari kaca atau di wadah pena. pada sewaktu-waktu kita membutuhkan, kita sudah tahu dimana kita harus mencarinya..

4. Mengeluarkan flashdisk pena dari saku

 

Hal ini simpel tapi banyak orang yang tidak melakukannya. dibutuhkan kesadaran yang tinggi pada masing-masing individu.

Tujuannya adalah agar flashdisk pena tidak cepat rusak akibat masih di dalam saku.

Seringkali kelalaian kita yang tidak mengeluarkan barang-barang yang masih ada di dalam saku sehingga barang itu ikut tercuci bersama pakaian kita. dan ketika kita hendak memakai pakaian itu lagi, kita baru sadar bahwa barang tersebut ikut tercuci. Ketika dikeluarkan dari dalam saku, benda tersebut sudah tak bisa berfungsi lagi.

Terutama benda elektronik seperti flashdisk yang rentan rusak apabila terkena air.

5. Bersihkan konektor flashdisk

Flashdisk yang penuh debu dan kotor akan mengakibatkan karatan pada konektor flashdisk. Akibatnya flashdisk tidak akan bisa dibaca saat ditancapkan pada komputer. untuk itu perlu kiranya pembersihan rutin menggunakan tisu pada konektor flashdisk agar tidak adanya kotoran dan debu yang menempel.

Kesimpulan

Meski flashdisk pena tak mudah rusak karena terbuat dari metal, tetapi kita perlu tahu bagaimana cara merawat flashdisk pena yang baik dan benar itu seperti apa. Jangan sampai flashdisk pena yang kita miliki memiliki umur yang pendek.

BEST DEAL

Pemenang Site of the MONTH Indonesian Website Awards