Tampilan flashdisk pena yang menyerupai pena cocok untuk dipakai di lingkungan kantor atau kerjaan. Flashdisk pena mempunyai multifungsi; salah satu kegunaannya dari flashdisk pena yaitu dapat digunakan sebagai pointer yang bisa digunakan pada acara presentasi, seminar, atau meeting.

Agar flashdisk pena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, perlunya kita mengetahui cara merawat dan juga cara pemakaian flashdisk pena yang baik.

Berikut ini cara pemakaian flashdisk pena yang baik agar dapat dipakai dalam waktu yang lama.

Cara Pemakaian Flashdisk Pena yang baik

1. Jangan biarkan flashdisk menancap terlalu lama

Saat sedang bekerja, flashdisk merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan. Penggunaannya yaitu dengan cara ditancapkan kepada perangkat elektronik lainnya seperti laptop, komputer pc, dll. Tujuannya yaitu untuk memindahkan data yang ada pada flashdisk ke komputer atau sebaliknya; menyimpan data dari komputer ke dalam flashdisk.

Saat bekerja kita biasanya tetap membiarkan flashdisk masih dalam keadaan tertancap pada komputer. Hal inilah yang sebenarnya kurang baik dalam pemakaian flashdisk.

Apabila flashdisk pena sudah tidak digunakan untuk mentransfer data ataupun menyimpan data, sebaiknya flashdisk segera dicabut. Pencabutan ini bertujuan agar data-data yang ada di dalam flashdisk tetap terjaga dan terhindar dari serangan virus yang berasal dari perangkat komputer.

Selain agar tidak terkena infeksi virus, tujuan pencabutan flashdisk yang sudah tak terpakai pada komputer agar terhindar dari paparan medan magnet yang ada pada komputer. Medan magnet inilah yang menjadi salah satu penyebab flashdisk bisa cepat rusak.

2. Cabutlah flashdisk dengan benar

sumber gambar: WikiHow

Kebiasaan jelek dalam pemakaian flashdisk selain membiarkan flashdisk menancap di komputer terlalu lama adalah mencabut flashdisk tanpa melalui proses yang tidak benar.

Apa itu pencabutan flashdisk tanpa proses yang benar? Yaitu mencabut flashdisk langsung dari komputer tanpa meng-eject flashdisk atau melalui safely remove device. Untuk mengeject atau me-remove flashdisk, kamu bisa mengklik ikon berbentuk flashdisk yang ada di pojok kanan bawah pada layar komputermu.

Apabila kamu mencabut flashdisk tanpa me-remove atau meng-eject terlebih dahulu, flashdisk bisa mengalami kerusakan. Salah satu contohnya yaitu data-data yang ada di dalam flashdisk menjadi tak bisa dibaca atau corrupted file.

3. Perlunya ruangan kosong pada flashdisk

Salah satu fungsi flashdisk pena yaitu sebagai media penyimpanan data. Dengan kapasitas yang besar yang dimiliki oleh flashdisk pena, berbagai data dapat tersimpan di dalamnya.

Meskipun memiliki kapasitas yang besar dan dapat memuat banyak data, flashdisk pena sebaiknya memiliki ruangan kosong.

Ruangan kosong pada flashdisk pena berfungsi agar proses pembacaan data pada flashdisk tidak berjalan dengan lambat.

Selain itu dengan adanya ruang kosong pada flashdisk pena akan mempermudah pencarian data yang tersimpan di dalamnya.

Kesimpulan

Agar flashdisk pena dapat digunakan dalam waktu yang lama, selain mengetahui bagaimana cara perawatan flashdisk pena kita pun perlu tahu cara pemakaian flashdisk pena yang baik itu seperti apa.

BEST DEAL

Pemenang Site of the MONTH Indonesian Website Awards