Setiap barang mempunyai cara penggunaan yang benar, termasuk barang elektronik yang rentan terhadap kerusakan. Flashdisk merupakan salah satu barang elektronik yang dalam pemakaiannya seringkali digunakan secara kurang tepat. Akibatnya flashdisk mengalami kerusakan seperti bodi fisik yang retak hingga hancur, flashdisk tidak terbaca saat ditancapkan ke perangkat komputer, dll.

Salah satu varian dari flashdisk yang rentan terhadap kerusakan adalah flashdisk kartu. Sebagai pengguna dan pemiliki flashdisk kartu, kita setidaknya harus mengetahui cara pemakaian flashdisk kartu yang tepat. Bagaimanakah cara pemakaian flashdisk kartu yang tepat agar flashdisk kartu dapat digunakan dalam waktu lama?

Cara Pemakaian Flashdisk Kartu yang tepat, antara lain:

1. Pemakaian flashdisk kartu yang jauh dari anak kecil

Apabila anda sudah berkeluarga dan telah mempunyai seorang anak kecil, suasana rumah akan terasa meriah. Kemeriahan tersebut berubah menjadi sesuatu yang heboh manakala anak anda merusak barang-barang yang dirumah secara sengaja ataupun tidak.

Untuk itu barang-barang yang mudah rusak atau hancur, terutama perangkat elektronik yang anda gunakan untuk kerja hendaknya jauh dari jangkauan anak kecil. Khususnya Flashdisk kartu yang Anda miliki.

Kenapa? Karena flashdisk kartu terbuat dari bahan plastik dan plastik mudah patah. Apabila secara tak sengaja anak Anda bermain di dekat Anda dan menyenggol flashdisk kartu yang tengah tertancap di komputer Anda, bisa menyebabkan keretakan hingga patah pada flashdisk.

Patahnya flashdisk berakibat pada kehilangan data-data yang tersimpan di dalamnya apabila patahan tersebut tepat pada bagian chip flashdisk.

2. Hindari penancapan flashdisk yang lama pada komputer

Setiap flashdisk memiliki fungsi utama sebagai tempat menyimpan data, termasuk varian flashdisk terkini yaitu flashdisk kartu. Meskipun begitu, penancapan flashdisk yang terlalu lama pada komputer merupakan hal yang kurang baik.

Apabila kamu tengah bekerja namun flashdisk sudah tidak digunakan untuk mentransfer dari dari dan ke flashdisk, sebaiknya flashdisk segera dicabut.

Pencabutan ini bertujuan untuk meminimalisir efek magnet serta panas dari perangkat komputer. Medan magnet dapat menurunkan performa flashdisk sehingga flashdisk menjadi lambat, begitu pula jika terkena panas terus menerus.

3. Simpan flashdisk di tempat yang aman

Kebiasan manusia setelah memakai flashdisk dia akan menaruhnya di sebelah komputer atau laptop. Alasannya mereka akan memakainya lagi nanti. Namun kebiasaan ini pula yang menyebabkan flashdisk mudah hilang.

Faktornya bisa karena ulah manusia atau hewan.

Untuk itu, simpanlah flashdisk yang belum dipakai lagi di tempat yang aman; seperti di dalam lemari atau laci. Kamu juga bisa menggantungnya dengan memakai tali lanyard. Gantunglah di tempat biasanya anda menaruh barang-barang penting seperti kunci motor atau mobil. Tujuannya selain aman juga memudahkan pencarian manakala sedang membutuhkan flashdisk.

Kesimpulan

Cara penggunaan flashdisk kartu yang tepat selain memperpanjang usia pemakaian flashdisk tersebut juga agar si pemilik tidak perlu bergonta-ganti flashdisk kartu sehingga hemat di kantong juga hemat di waktu.

BEST DEAL

Pemenang Site of the MONTH Indonesian Website Awards